PENGOLAHAN CITRA

Gambar

Public Class Form1
Dim gambar As Bitmap
Private Sub OPENCITRAToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles OPENCITRAToolStripMenuItem.Click
OFD.Filter = “BMP|*.bmp|JPG|*.Jpg”
OFD.ShowDialog()

If OFD.FileName = “” Then Exit Sub
pic1.Image = Image.FromFile(OFD.FileName)
gambar = New Bitmap(pic1.Image)
End Sub

Private Sub SAVECITRAToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles SAVECITRAToolStripMenuItem.Click
SFD.Filter = “JPG|*.Jpg|BMP|*.bmp”
SFD.ShowDialog()
If SFD.FileName = “” Then Exit Sub
If SFD.FilterIndex = 1 Then
gambar.Save(SFD.FileName, System.Drawing.Imaging.ImageFormat.Jpeg)
End If
If SFD.FilterIndex = 2 Then
gambar.Save(SFD.FileName, System.Drawing.Imaging.ImageFormat.Bmp)
End If
End Sub

Private Sub GRAYSCALEToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles GRAYSCALEToolStripMenuItem.Click
Dim Pb, Pc As Integer
Dim Rt, vM, vH, vB As Double
With gambar
For Pb = 0 To .Height – 1
For Pc = 0 To .Width – 1
vM = .GetPixel(Pc, Pb).R
vH = .GetPixel(Pc, Pb).G
vB = .GetPixel(Pc, Pb).B
Rt = (vM + vH + vB) / 3
.SetPixel(Pc, Pb, Color.FromArgb(Rt, Rt, Rt))
Next
Pic2.Image = gambar
Pic2.Refresh()
Next
End With
End Sub

Private Sub NEGATIFToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles NEGATIFToolStripMenuItem.Click
Dim Pb, Pc As Integer
Dim vM, vH, vB As Double
With gambar
For Pb = 0 To .Height – 1
For Pc = 0 To .Width – 1
vM = 255 – .GetPixel(Pc, Pb).R
vH = 255 – .GetPixel(Pc, Pb).G
vB = 255 – .GetPixel(Pc, Pb).B
If vM <= 0 Then vM = 0
If vB <= 0 Then vB = 0
If vH <= 0 Then vH = 0
.SetPixel(Pc, Pb, Color.FromArgb(vM, vH, vB))
Next
Pic2.Image = gambar
Pic2.Refresh()
Next
End With
End Sub

Private Sub BRIGTHNESSToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BRIGTHNESSToolStripMenuItem.Click
Dim Pb, Pc As Integer
Dim vM, vH, vB As Double
With gambar
For Pb = 0 To .Height – 1
For Pc = 0 To .Width – 1
vM = .GetPixel(Pc, Pb).R + 5
vH = .GetPixel(Pc, Pb).G + 5
vB = .GetPixel(Pc, Pb).B + 5
If vM > 255 Then vM = 255
If vB > 255 Then vB = 255
If vH > 255 Then vH = 255
.SetPixel(Pc, Pb, Color.FromArgb(vM, vH, vB))
Next
Pic2.Image = gambar
Pic2.Refresh()
Next
End With
End Sub

Private Sub MenuStrip1_ItemClicked(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.ToolStripItemClickedEventArgs) Handles MenuStrip1.ItemClicked
gambar = New Bitmap(pic1.Image)
End Sub

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

End Sub

Private Sub pic1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles pic1.Click

End Sub

Private Sub Pic2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Pic2.Click

End Sub

Private Sub KELUARToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUARToolStripMenuItem.Click
End
End Sub

Private Sub BINERToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BINERToolStripMenuItem.Click
Dim Pb, Pc As Integer
Dim rata, vM, vH, vB As Double
With gambar
For Pb = 0 To .Height – 1
For Pc = 0 To .Width – 1
vM = .GetPixel(Pc, Pb).R
vH = .GetPixel(Pc, Pb).G
vB = .GetPixel(Pc, Pb).B
rata = (vM + vH + vB) / 3
If (rata < 128) Then
vM = 0
vH = 0
vB = 0
Else
vM = 255
vH = 255
vB = 255
End If

.SetPixel(Pc, Pb, Color.FromArgb(vM, vH, vB))
Next
Pic2.Image = gambar
Pic2.Refresh()
Next
End With
End Sub

Private Sub ROTATEToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ROTATEToolStripMenuItem.Click
Dim Pb, Pc As Integer
Dim vM, vH, vB As Double
Dim gambar3 As Bitmap = New Bitmap(pic1.Image)
With gambar
For Pb = .Height – 1 To 0 Step -1
For Pc = .Width – 1 To 0 Step -1
vM = .GetPixel(Pc, Pb).R
vH = .GetPixel(Pc, Pb).G
vB = .GetPixel(Pc, Pb).B
gambar3.SetPixel(.Width – 1 – Pc, .Height – 1 – Pb, Color.FromArgb(vM, vH, vB))
Next
Pic2.Image = gambar3
Pic2.Refresh()
Next
End With
gambar = gambar3
End Sub
End Class

Keistimewaan Wanita

Berikut beberapa Keistimewaan Wanita :
1. Doa Wanita lebih makbul daripada laki-laki karena sifat penyayangnya yang lebih kuat daripada laki-laki.
Ketika sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW akan hal tersebut, baginda Rasul menjawab ; “Ibu lebih penyayang daripada Ayah dan Doa orang penyayang lebih makbul atau tidak akan sia-sia.

2. Wanita yang sholehah jauh lebih baik dibanding 1000 laki-laki yang sholeh.

3. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya kelak akan tinggal bersamaku(Rasullulah SAW) di surga.

4. Barang siapa membawa hadiah atau makanan lalu diberikan kepada keluarga (hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki) karena ibadahnya di hitung bersedakah.

5. Surga berada dibawah telapak kaki ibu.

6. Apabila mendengar panggilan ibu dan Bapakmu, maka jawablah panggilan ibumu terlebih dahulu.

7. Istri yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup semua pintu-pintu neraka dan terbuka semua pintu surga. masuklah dari mana sajapintu yang kamu kehendaki dengan tanpa di hisab.

8. Seorang Istri yang taat kepada suaminya, maka ikan-ikan di laut, burung, malaikat, matahari dan bulan akan beristighfar untuknya selama dia taat kepada suaminya, menjaga sholat serta puasanya.

9. Aisyah r.a pernah bertanya kepada Rasulullah SAW ; “siapakah yang lebih besar haknya daripada Wanita?”

Rasul menjawab ; “Suaminya”

lalu Aisyah bertanya lagi, “lalu siapa pula yang lebih berhak daripada lelaki?”

Rasul menjawab ; “Ibunya”

10. Seorang Istri yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka ALLAH SWT akan memasukkannya ke dalam surga terlebih dahulu di banding suaminya (10.000 tahun lebih cepat).

11. Apabila seorang Wanita mengandung janin dalam rahimnya maka para malaikat akan beristighfar untuknya. Allah SWT akan mecatatkan 1000 kebaikan dan menghapuskan 1000 keburukannya.

12. Apabila seorang Wanita yang sedang melahirkan, maka Allah SWT akan mencatatkan pahalanya bagai orang yang berjihad di jalan Allah.

13.Apabila seorang Wanita melahirkan anak, maka keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkan.

14. Seorang Ibu yang menyusui anaknya maka setiap satu tegukan akan di hitung satu kebajikan.

15.Apabila seorang Ibu yang tidak tidur karena menjaga anaknya yang sakit, maka Allah SWT akan mencatatkan pahalnya bagaikan memerdekakan 70 budak dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.

 

http://chillinaris.blogspot.com

Siapa Itu Muslim?

“Kita muslim kan?”

Rasanya pertanyaan itu seakan-akan meragukan kita bahwa kita ini muslim. Iya kan, sahabat? Tapi, tahukah kamu sahabat apa maksud dari muslim itu?

Jika sahabat menjawab muslim adalah” yang taat pada tuhan-Nya” atau “yang tunduk dan patuh terhadap perintah tuhan-Nya. Itu memang benar. Tapi, kalimat itu terlalu ringkas dan kurang menditai alias tidak spedifikl. Karena definisi dari kalimat itu masih terlalu umum dan sangat luas. Kenapa Indah tulis begitu? Karena, coba jika sahabat bertanya pada seorang pastur.

“Siapakah engkau, wahai pastur?”

Pastur pasti akan mengatakan, “Oh, saya ini orang yang taat kepada tuhan”

Dan menurut aturan main fikiran logis, Maka.. Bisa disimpulkan bahwa,

Muslim = Yang taat kepada Tuhan-Nya

Pastur = Yang taat kepada Tuhan-Nya

Maka,

Muslim adalah sama dengan seorang pastur.

Iya tidak? Mungkin sahabat muslim gak ada setuju dengan tulisan ini. Tapi, inilah keyataannya. Karena orang-orang muslim suka berkata yang sifatnya umum dan meluas. Karena definisi yang terlalu umum dan tidak menditail membuat kita terjebak di dalamnya. Kalau bahasa Kerennya di bahasa Inggris itu “Overlapping”Hehe. Nah, menurut buku yang Indah baca. Yang ditulis oleh Bapak Ustadz Toto Tasmara. Wah, saya ngefans banget sama Bapak Toto Tasmara. Bukunya itu lho.. MasyaAllah, keren2 banget. Indah suka banget sama setiap tulisannya. Eleh2, mari kembali ke topik.

Beliau menawarkan sebuah definisi yang sederhana tapi menditail yaitu, muslim adalah

“Seorang yang secara konsekuen beramal dan bersikap hidup sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasul-Nya.”

Yah, karena dengan Qur’an dan Sunnah Rasul. Pastinya tak ada agama yang seperti inikan? Dan muslim tidak akan bisa disamakan dengan seorang pastur ataupun yang lainnya.

Okeh, siap jadi muslim yang kaffah? Muslim yang kuat dan tangguh serta kosekuan untuk bersikap dan beramal sesuai qur’an dan sunnah? Ayok kita semangat dan berusaha menjadi muslim yang lebih baik.

 

http://www.indahislam.com

Manfaat Memakai Jilbab

Sebagai Seorang muslimah. Kita diwajibkan untuk memakai jilbab. Wanita, apa yang sahabat ingat kalau seseorang berbicara tentang wanita? Ya. Indah sekarang akan bahas tentang wanita. Wanita itu, derajatnya lebih mulia daripada laki-laki. Wanita itu, sangat dijaga kemuliaannya oleh Allah. Namun, yang terjadi pada zaman ini adalah wanita banyak yang tidak mempergunakan kemuliaannya dengan optimal. Wanita itu mulia sahabatku. Lihatlah! Perintah Allah yang diwahyukan kepada Nabi:

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al Ahzab : 59)

Coba lihat, Allah telah memberikan kepada kita, para muslimah.  Agar memakai jilbab, benar apa yang dikatakan oleh firman-Nya. “supaya mereka lebih mudah untuk dikenal” Sahabat pernah lihat seseorang yang memakai kerudung panjang? Biasanya muslimah yang berkerudung panjang itu lebih mudah dikenali. Lihat, misalkan ada seorang muslimah berkerudung panjang berkumpul bersama banyak muslimah yang berkerudungnya lebih pendek. Jadi, muslimah yang berkerudung pasti lebih dikenali daripada muslimah yang disekelilingnya itu. Iya bukan? Iyalah. Toh kan beda sendirian! ^_^

Pernah gak sih kalian. Ya, sahabatku. Saudara muslimah. Pernahkah bertanya-tanya dalam hati diri sendiri, “Kenapa sih? Perempuan yang itu pakai kerudungnya puanjannngg.?”, pernah tidak terucap dalam hati seperti itu? Sepertinya pernah. Indah dulu pun juga begitu kok sahabat. Tapi, tahukah engkau banyak muslimah juga kok yang pakai kerudungnya panjang sampai ke bawah-bawah. Tahu tidak alasannya?

Tak usah panjang lebar untuk menjelaskan alasannya. Cukup dengan firman-Nya:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (An-Nur:31).

Tahukan sahabat? Berarti kalau kita pakai jilbab harus mengulurkannya. Lebih baik lagi jika lebih panjang dari dada. Oke, kalau sahabat masih ragu. Pikirkan lagi, ini perintah Allah. Ini bukan hadits. Ini adalah ayat Al-Qur’an. Kalau ini hadits, masih bisalah kalau mau diragukan. Karena sekarang banyak hadits palsu. Dan kita harus tau pperawi haditsnya dan azbabul wurudnya. Lalu tata bahasa arab yang bagus. Tapi, ini ayat al-qur’an sahabat. Masihkah sahabat ragu untuk taat?

Memang tak mudah untuk menjadi “jilbabers” yang jilbabnya panjang. Atau sampai-sampai memakai cadar. haduh! Malah dikira teroris ya, kalau pakai cadar. Hmm, okelah. Sahabat muslimah, kita lanjut pada topik. Tapi bagaimanapun kita harus bisa menjadi seorang muslim yang “Sami’na wa at’thona” (kami dengar dan kami taat)!

Indah mau kasih tau keuntungan/manfaat/profit kita memakai hijab (jilbab):

1.Terlindungi dari sengatan panas matahari.

Faktanya sekarang adalah wanita-wanita yang tak mengenakan jilbab jika keluar rumah dan berjalan pasti akan merasakan panas, rambut yang lembab, lepek, dan mungkin karena kepanasan rambut hitamnya menjadi berubah warna lebih orange. Jadi, nutrisi rambut pun berkurang. tapi muslimah-muslimah yang memakai jilbab pasti akan terlindungi. Sebab rambutnya ditutupi oleh kain yang panjang dan tidak tipis. Ini membuat rambut tak akan kehilangan nutrisinya.

2.Terjaga kehormatannya dan Pria pun segan untuk menggodanya

Sadar tidak? Jika wanita yang tidak memakai jilbab lalu jalan di depan laki-laki. Sering sekali laki-laki itu berkata, “Siut..Siut!”. Iya bukan? Tapi jika muslimah berjalan tapi mungkin saja karena tak ada jalan lain harus melewati seorang laki-laki, laki-laki itu malah berkata” Assalamua’alikum”. Kalau sahabat mengalami seperti ini cukup jawab dalam hati. Tidak perlu, dijawab dengan suara terdengar. Nah sekarang Indah mau tanya, sahabat muslimah mau pilih yang mana? Itu pilihan diri sendiri kok.

3.Termotivasi untuk terus menuntut ilmu

walau ilmu tidak bersalah, tapi wanita yang jilbab mungkin suka ditanya-tanya oleh orang yang belum tahu sesuatu. Ia tidak? Makanya itu pentingnya menuntut ilmu secara kaffah. Kita orang muslim! Harus bisa pintar menjawab suatu pertanyaan.

4.Terjaga dari polusi dan debu

Siapa sih yang tidak tahu Jakarta? Ibukota Indonesia. Sudah tentu cuaca panas, penuh debu dan polusi. Kita tak perlu terhipnotis dengan iklan shampoo yang menggiurkan. Yang memakai extras gingseng lah, kulit buaya, daun sirih, rempah-rempah. Ditambah lagi dengan conditioner dan lain-lainnya. Tak perlu repot membeli segala macam rupa untuk dipakai. Beli shampoo yang menurut sahabat cocok. Tak usah pakai yang macam-macam lagi. Kemudian, ada lagi. Yang namanya Jakarta pasti banyak debu sama polusi. Apalagi kalau anak SMP jalan dari rumah ke sekolahnya. Pasti banyak deh debu-debunya kemudian pulang-pulang suruh cuci muka agar jerawat enggak tumbuh (Kok jadi cerita pengalaman?) Hehe, Kalau yang ini sih,  pakai cadar aja :D Biar tetap terlindungi!

5.Kemuliaan  Terlihat

Allah dan Rasul-Nya sangat memuliakan wanita. Mereka inginagar wanita-wanita muslimah menutup auratnya sesuai syariat. Agar mereka terjaga kemuliaannya. Rambut wanita yang diperlihatkan menjadi mahkota yang biasa-biasa saja. Karena semua orang sudah tahu seperti apa mahkotanya. tapi wanita muslimah yang memakai jilbabnya menjadikan dirinya mulia dan tertanda bahwa tidak sembarangan orang yang boleh tahu seperti apa rambutnya. Wahai muslimah yakinlah. Dirimu ini mulia!

Ini dari Indah, selebihnya sahabat bisa tahu manfaatnya. Selamat memakai jilbab yang syar’i ya. Semoga selalu dalam berkahan dan limpahan rahmat dari-Nya. Wahai muslimah, engkau ini permata. Tak semua orang dapat memilikimu. Hanya orang-orang pilihan yang bisa mendapatkannya. Sungguh! Kamu itu mulia sahabat muslimah :)

 

http://www.indahislam.com

Air Terjun Sigura-Gura

Salah satu keindahan alam yang diciptakan tuhan untuk kita adalah wisata air terjun. Kali ini kita akan membahas salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, air terjun ini adalah air terjun sigura – gura. Air terjun ini disebut – sebut sebagai air terjun tertinggi karena belum ada air terjun di Indonesia yang mengalahkan tingginya yang mencapai 250 meter. Air terjun sigura-gura satu ini dapat anda kunjungi di wilayah Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan, dengan menempuh jarak kurang lebih 2-3 jam perjalanan. Karena lokasinya berdekatan dengan danau toba danau yang sangat terkenal ini maka banyak sekali wisatawan yang berkunjung melihat danau toba dan juga wisata air terjun tertinggi di Indonesia ini. Wisatawan yang datang tidak hanya dari lokal saja tetapi ada juga yang berasal dari luar negri (mancanegara) yang datang berkunjung ke tempat wisata ini. Air terjun ini dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin. hutan rimba yang alami pun akan terlihat ketika memasuki kawasan ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh dan menghiasi keindahan panorama air terjun sigura-gura ini. Derasnya air yang dikeluarkan dimanfaatkan pemerintah sekitar untuk membuat bendungan untuk menampung air yang berasal dari air terjun sigura-gura tersebut. Bendungan tersebut sangatlah terkenal yang diberi nama dengan bendungan sigura-gura. Pemerintah memanfaatkan air tersebut sebagai PLTA (pembangkit listrik tenaga air).

air terjun sigura gura Air Terjun Sigura Gura

Fasilitas Yang Dapat Dijumpai

Bagi anda yang gemar olah raga air yaitu arum jeram di sinipun tersedia, menempati sungai yang tepat dibawah air terjun dengan arus yang cukup deras maka masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk olah raga air yaitu arum jeram. Dijamin adrenalin anda akan tertantang jika bermain arum jeram ditempat ini karena arus airnya berbeda seperti arum jeram kebanyakan, arusnya cukup deras.

 

http://www.gudangwisata.com

Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

Tempat Wisata Terindah Di Indonesia – Jika membicarakan keindahan alam di Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Karena kekayaan alam bangsa kita memang luar biasa. Sebut saja salah satunya yang telah mendunia yaitu candi borbudur. Dimana itu pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bukan hanya itu, objek wisata lain juga seperti Pantai Kuta di Bali, Jalan Malioboro di Yogyakarta, dan masih banyak tempat-tempat lainnya yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing karena keindahannya yang terkenal sampai mancanegara. Nah, kali ini Gudang Wisata akan memberikan info seputar tempat wisata yang konon katanya terindah di Indonesia. Kenapa dibilang konon katanya, karena begitu banyaknya tempat yang indah di negeri kita ini. Maka sepertinya tidak pantas kita menyebutkan salah satunya, sedangkan yang lainnya tidak. Jadi ini hanya pendapat subjektif saja. OK, kita lanjutkan bahasannya.

Tempat Wisata Terindah di Indonesia

1. Pulau Bintan, Riau
Keindahan pulau Bintan sudah tidak bisa diragukan lagi. Gulungan ombak air laut biru yang menerpa pasir-pasir putih dihiasi pula dengan pepohonan di pinggir pantainya. Menjadikan Pulau Bintan menjadi salah satu tempat wisata paling indah di Indonesia. Di pulau ini banyak menyediakan resort untuk berbulan madu, private beach, wisata selam, serta wisata kuliner dengan aneka menu masakan laut. Sayang rasanya jika kita tidak mengunjunginya.

 Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

2. Pulau Belitung
Pulau Belitung adalah dominasi panorama indah di negeri ini. Bagaimana tidak, hamparan pasir putih dengan laut yang dangkal dan perairan yang tenang menjadikan siapa saja yang mengunjunginya pasti terpesona. Banyaknya teluk-teluk di pulau ini juga menjadikan pulau ini memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi. Sayang rasanya jika kalian tingga di Indonesia tapi tidak mengunjungi pulau ini.

 Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

3. Tanjung Lesung, Banten
Pantai yang sudah terkenal pamornya ini berada di provinsi Banten. Tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. Keindahan pantai pasir putihnya serta fasilitas lengkap yang disediakan oleh pengelola wisata. Menjadikan tempat ini sebagai tempat favoritnya warga jakarta ketika berlibur. Berbagai olah raga air juga banyak terdapat di pantai ini seperti Jet ski, banana bout, hingga petualangan menelusuri Gunung Krakatau.

 Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi. Tentunya objek wisata terindah di Indonesia ini hanyalah pendapat subjektif. Karena mungkin kalian sendiri juga mempunyai pendapat tersendiri tentang tempat wisata paling indah menurut kalian.

 

http://www.gudangwisata.com

Kanker Tulang

Kanker Tulang | Gejala | Penyembuhan |Ada yang beranggapan kanker tulang merupakan penyakit yang diturunkan. Ada pula yang menganggap kanker tulang ini sebagai penyakit kutukan, mungkin karena kasusnya relatif jarang terjadi. Tetapi bagaimanapun, sangat lebih baik jika kita sedikit banyak mengetahui perihal kanker tulang ini.
Kanker TulangSecara garis besar kanker tulang dipecah menjadi dua jenis,

  1. Kanker tulang metastatik atau lebih sering disebut juga sebagai kanker tulang sekunder. Kanker tulang jenis ini disebabkan oleh kanker yang sudah ada di organ tubuh yang lain sebelum akhirnya menyebar ke tulang. Jadi kankernya bukan dari tulang. Contohnya adalah kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dimana sel-sel kankernya menyerupai sel-sel paru-paru namun berada pada tulang yang diserang.
  2. Kanker tulang primer. Kanker yang satu ini memang berasal dari tulang itu sendiri. Yang termasuk dalam kategori kanker tulang ini adalah: Mieloma Multipel, Osteosarkoma, Fobrosarkoma, dan Histiositoma Fobrosa Maligna, Kondrosarkoma, Tumor Ewing, dan Limfoma Tulang Maligna.
  3. Mieloma Multipel adalah kanker tulang yang paling sering ditemukan. Kanker ini berasal dari sel sumsum tulang yang menghasilkan sel darah. Biasanya kanker tulang jenis ini dialami oleh orang dewasa. Kanker ini dapat mengenai 1 atau lebih tulang sehingga nyeri bisa muncul di lebih dari 1 tempat.
  4. Osteosarkoma adalah tumor tulang ganas yang berhubungan dengan periode kecepatan pertumbuhan pada masa remaja. Kanker tulang jenis ini banyak menyerang anak-anak. Rata-rata penyakit ini terdeteksi pada anak umur 15 tahun. Dan angka kejadian pada anak laki-laki maupun anak perempuan adalah sama namun yang banyak diserang adalah remaja laki-laki. Penyebab kanker tulang jenis ini memang tidak diketahui secara pasti. Namun dari beberapa bukti yang ada tampaknya kemungkinan bahwa penyakit ini diturunkan besar sekali. Osteosarkoma cenderung tumbuh di tulang paha (ujung bawah), tulang lengan atas (ujung atas) dan tulang kering (ujung atas). Ujung tulang tersebut merupakan daerah dimana terjadi perubahan dan kecepatan pertumbuhan yang terbesar. Meski demikian, osteosarkoma juga bisa tumbuh di tulang lainnya.
  5. Fibrosarkoma dan Histiositoma Fobrosa Maligna. Kanker ini berasal dari jaringan lunak (jaringan ikat selain tulang, seperti ligamen, tendon, lemak dan otot) dan jarang berawal dari tulang. Kanker ini biasanya ditemukan pada orang berusia lanjut atau pertengahan. Tulang yang paling sering terkena adalah tulang pada tungkai, lengan, dan rahang. Fibrosarkomadan Histositoma Fibrosa Maligna mirip dengan osteosarkoma dalam bentuk, lokasi dan gejala-gejalanya. Pengobatannya pun sama.
  6. Kondrosarkoma. Kondrosarkoma adalah tumor yang terdiri dari sel-sel kartilago (tulang rawan) yang ganas. Kebanyakan kondrosarkoma tumbuh lambat atau merupakan tumor derajat rendah yang dapat disembuhkan dengan pembedahan. Tetapi, beberapa diantaranya adalah tumor derajat tinggi yang cenderung menyebar. Kondrosarkoma harus diangkat seluruhnya melalui pembedahan karena tidak bereaksi terhadap kemoterapi maupun terapi penyinaran. Amputasi tungkai atau lengan jarang dilakukan. Jika tumor diangkat seluruhnya, 75% penderita akan mampu bertahan hidup.
  7. Tumor Ewing. Tumor Ewing muncul pada masa pubertas dimana tulang tumbuh sangat cepat. Tumor ini jarang ditemukan pada anak yang berumur dibawah 10 tahun. Tumor bisa tumbuh di bagian tubuh  manapun. Namun yang paling sering di tulang panjang anggota gerak, panggul, atau dada. Tumor jga bisa tumbuh di tulang tengkorak atau tulang pipih lainnya. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri dan kadang terjadi pembengkakan di bagian tulang yang terkena. Penderita jug amungkin mengalami demam. Tumor ini mudah menyebar ke paru-paru dan tulang lainnya. Pada saat terdiagnosis, penyebaran biasanya sudah terjadi hampir pada 30% penderita. Pengobatan yang dilakukan adalah kombinasi dari: kemoterapi (siklofosfamid, vinkristin, daktinomisin, doksorubisin, ifosfamid, etoposid), terapi penyinaran tumor dan terapi pembedahan untuk mengangkat tumor.
  8. Limfoma Tulang Maligna. Limfoma Tulang Maligna biasanya menyerang mereka yang berusia 40-50 tahun. Kanker ini berasal dari tulang manapun atau berasal dari tempat lain di tubuh, kemudian menyebar ke tulang. Biasanya tumor ini menimbulkan nyeri dan pembengkakan dan tulang yang rusak. Pengobatan terdiri dari kombinasi kemoterapi dan terapi penyinaran

Cara mendeteksi kanker tulang biasanya dilakukan dengan pemeriksaan:

  1. Rontgen tulang yang terkena
  2. CT Scan tulang yang terkena
  3. Pemeriksaan darah (termsuk kimia serum)
  4. CT Scan dada untuk melihat adanya penyebaran ke paru-paru
  5. Biopsi terbuka
  6. Scanning keseluruhan tulang untuk melihat penyebaran kanker-nya.

Gejala kanker tulang yang paling sering dialami adalah nyeri. Sejalan dengan pertumbuhan tumor, bisa juga terjadi pembengkakkan, dan pergerakan yang terbatas. Tumor di tungkai akan menyebabkan penderita berjalan timpang. Sedangkan tumor di lengan akan menyebabkan nyeri ketika lengan dipakai untuk mengangkat sesuatu.
Pembengkakkan pada tumor mungkin akan berasa hangat dan terlihat agak memerah. Tanda awal dari penyakit ini bisa merupakan patah tulang yang selanjutnya menjadi tumor. Patah tulang di tempat tumbuhnya tumor ini disebut fraktur patologis dan sering terjadi setelah tulang mengalami gerakan rutin.
Sebelum dilakukan pembedahan, dilakukan kemoterapi supaya tumor mengecil. Penyembuhan kanker tulang dengan jalan Kemoterapi ini lumayan manjur untuk membunuh sel tumor yang sudah mulai menyebar. Jika belum terjadi penyebaran ke paru-paru, maka angka harapan hidupnya mencapai 60%. Sekitar 75% penderita bisa bertahan hidup sekitar 5 tahun setelah kanker tulangnya terdiagnosis.

 

http://artikelkesehatanq.blogspot.com

Resep Pempek Bakar

Untuk 4 porsi

Bahan:
1/2 adonan dasar pempek
1 putih telur, kocok
2 sdm minyak untuk menumis
2 siung bawang putih, haluskan
8 buah cabai rawit, tumbuk kasar
150 gram ebi, rendam dalam air panas, cincang
1 sdm kecap manis
1/2 sdt merica bubuk
50 ml air

Cara Membuat:

1. Campur adonan dasar pempek dengan putih telur. Aduk sampai rata. Bagi menjadi 8 bagian, lalu tutup dengan selembar plastik agar tidak kering. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan cabai rawit sampai harum. Masukkan ebi sambil diaduk. Tambahkan kecap manis dan merica bubuk. Berl air dan masak sampai kering dan ebi matang. Angkat.
4. Ambil 1 bagian pempek, lalu beri isi tumisan ebi. Bentuk agak pipih menyerupai perkedel, lalu bakar di atas wajan datar yang dialasi daun pisang agar tidak cepat hangus. Bakar jugs sisi sebaliknya agar matangnya rata. Sajikan dengan cuko dan bubuk ebi.

 

http://www.eresep.com

Macam – Macam Jaringan Komputer

Dalam mempelajari macam-macam jaringan komputer terdapat dua klasifikasi yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi  yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point
  • Jaringan broadcast
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket terserbut ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu , bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin terserbut akan mengabaikannya.
  • Jaringan point-to-point
terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pad ajringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara. Seringkali harus melalui baynak route yang mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma rout memegang peranan penting pada jaringan  point-to-point. 
Pada umumnya jaringan yang lebih kecil dan terlokalisasi secara geografis cendurung memakai broadcasting, sedangkan jaringan yang lebih besar menggunakan point-to-point.
Kriteria alternatif untuk mengklasifikasikan jaringan adalah didasarkan pada jaraknya. Tabel berikut ini menampilkan klasifikasi sistem multiprosesor berdasarkan ukuran-ukuran fisiknya.
Jarak antar prosesor
Prosesor di tempat yang sama
Contoh
0,1 m
Papan rangkaian
Data flow machine
1 m
Sistem
Multicomputer
10 m
Ruangan
100 m
Gedung
Local Area Network
1 km
Kampus
10 km
Kota
Metropolitan Area Network
100 km
Negara
Wide area Network
1.000 km
Benua
10.000 km
Planet
The Internet
Dari tabel di atas terlihat pada bagian paling atas adalah  dataflow machine, komputer-komputer yang sangat paralel yang memiliki beberapa unit fungsi yang semuanya bekerja untuk program yang sama. Kemudian multicomputer, sistem yang berkomunikasi dengan  cara mengirim pesan-pesannya melalui bus pendek dan sangat cepat. Setelah kelas multicomputer adalah jaringan sejati, komputer-komputer yang bekomunikasi dengan cara  bertukar data/pesan melalui kabel yang lebih panjang. Jaringan seperti ini dapat dibagi menjadi local area network (LAN), metropolitan area network (MAN), dan wide area network (WAN). Akhirnya, koneksi antara dua jaringan atau lebih disebut internetwork. Internet merupakan salah satu contoh yang terkenal dari suatu internetwork.
Dari tabel di atas terlihat pada bagian paling atas adalah  dataflow machine, komputer-komputer yang sangat paralel yang memiliki beberapa unit fungsi yang semuanya bekerja untuk program yang sama. Kemudian multicomputer, sistem yang berkomunikasi dengan  cara mengirim pesan-pesannya melalui bus pendek dan sangat cepat. Setelah kelas multicomputer adalah jaringan sejati, komputer-komputer yang bekomunikasi dengan cara  bertukar data/pesan melalui kabel yang lebih panjang. Jaringan seperti ini dapat dibagi menjadi local area network (LAN), metropolitan area network (MAN), dan wide area network (WAN). Akhirnya, koneksi antara dua jaringan atau lebih disebut internetwork. Internet merupakan salah satu contoh yang terkenal dari suatu internetwork.