Manfaat kacang hijau

Manfaat kacang hijau – Sebagai warga Indonesia, hampir semua orang tumbuh dengan bubur kacang hijau. Bubur dengan rasa manis tersebut sering diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia. Si mungil kacang hijau tidak hanya bisa dinikmati anak-anak, karena manfaatnya sangat besar untuk kesehatan semua orang di berbagai usia. Dilansir dari Hubpages, inilah manfaat hebat kacang hijau.

Manfaat kacang hijau

Kaya Protein
Sebagai nutrisi yang dapat membangun tubuh, Anda harus mendapatkan asupan protein yang cukup setiap hari. Berbeda dengan protein hewani yang seringkali masih mengandung lemak jenuh, kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik tanpa kadar lemak jenuh. Semangkuk bubur kacang hijau yang tidak terlalu manis adalah sumber protein yang sehat.

Sumber Vitamin C
Tidak banyak yang tahu bahwa kacang hijau adalah sumber vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga mempercepat penyembuhan penyakit seperti demam, sakit tenggorokan, pilek, dan flu. Manfaat yang sama bisa Anda dapatkan dari biji kacang hijau yang sudah tumbuh menjadi kecambah.

Menurunkan Berat Badan
Sedang berusaha menurunkan berat badan? Kacang hijau yang rendah kalori (asal tidak dimasak dengan santan dan kaya gula) adalah sumber serat yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil akan tertahan. Mengonsumsi kacang hijau dapat melancarkan buang air besar sekaligus menekan rasa lapar. Anda akan terhindar dari ngemil makanan berkalori tinggi atau makanan berlemak.

Kaya Serat
Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga kadar gula darah.

Baik Untuk Kesehatan Jantung
Manfaat hebat lain dari kacang hijau adalah baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan fleksibilitas dari arteri dan vena. Dengan demikian, kacang hijau sangat baik membantu mengatur tekanan darah yang sehat.

Sumber Mineral
Kacang hijau adalah makanan yang menjadi salah satu sumber mineral. Beberapa mineral penting yang terkandung di dalamnya adalah kalium, magnesium, asam folat, seng, besi, dan fosfor. Kalium dan magnesium penting untuk menjaga kesehatan jantung. Asam folat dan zat besi penting untuk kesehatan wanita, terutama wanita hamil dan ibu yang sedang menyusui.

Memiliki Efek Detoksifikasi
Kacang hijau memiliki manfaat detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dalam pengobatan alami di China dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk detoksifikasi (pengeluaran racun) dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit kronis. Kacang hijau juga memiliki sifat anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

sumber :http://www.woezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s