Bahaya Radiasi Sinar Matahari Bagi Kulit

Bagi anda yang tinggal di wilayah tropis, ada baiknya jika anda tidak terlalu mengekspose diri di terik matahari, terutama pada siang hari. Hal ini karena pada siang hari sinar matahari mengandung sinar UV yang akan berakibat pada berbagai penyakit kulit, terutama kanker kulit. Sinar UV ini bisa menembus awan tebal maupun kaca yang jika mengenai kulit akan menimbulkan efek radiasi. Adapun jenis sinar UV ada dua yaitu sinar UV jenis A dan jenis B. Untuk sinar UV jenis B, efek yang ditimbulkan lebih besar daripada sinar UV A. Pastinya anda sudah cukup mengenal apa bahaya lain yang ditimbulkan oleh sinar UV bukan? Berikut adalah sejumlah efek negatif yang bisa anda telaah dengan baik. Yang pertama adalah menyebabkan penuaan dini, keriput, bintik-bintik hitam terutama di kulit wajah, kulit terbakar, dan lain sebagainya. Bahkan penelitian yang melibatkan para dermatologis menunjukkan bahwa sinar ultraviolet ini akan menyebabkan perubahan pada sel kulit meskipun jumlah sinar yang mengenai kulit sedikit tapi terjadi secara berulang-ulang.

Bahkan saat ini ada sinar UV yang dibuat, yaitu yang ada pada alat-alat kosmetik yang digunakan untuk menghitamkan kulit atautanning kulit. Ini bisa memicu efek radiasi yang lebih besar yang akhirnya akan berakibat pada mutasi genetik yang akan berakibat fatal. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini? Yang pertama adalah perlindungan dari sinar UV atau melindungi diri dari terkena sinar matahari langsung, terutama di siang hari. Anda bisa menggunakan payung, jaket, kaca mata gelap, topi, atau alat pelindung lain ketika sedang berada di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya. Tabir surya ini bermanfaat melindungi diri dari efek sinar UV langsung yang mengenai kulit. Untuk tabir surya ini pakailah produk dengan SPF paling tidak 30% karena ini adalah kandungan minimal SPF yang bisa melindungi kulit anda dari sinar UV. Cari juga produk tabir surya yang bisa berfungsi ganda, yaitu melindungi kulit dari sinar UV jenis A dan B sekaligus untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memperhatikan hal ini. Bahkan bagi mereka-mereka yang tinggal di daerah tropis acap kali “melenggang” dengan santai tanpa menggunakan pelindung apapun di tengah matahari yang sedang bersinar di tengah hari yang panas. Ini bisa membuat kulit terbakar dan juga terkena radiasi. Jangan biarkan hal ini terjadi, karena mungkin saja kulit yang tadinya anda kira sehat berubah menjadi aneh dan berpenyakit akibat terekspose oleh sinar matahari siang yang mengandung kadar ultraviolet dalam jumlah yang besar. Apabila anda sudah terkena radiasi, sebaiknya anda harus segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Jangan menunda-nunda lagi, karena semakin anda tunda maka akan berakibat lebih buruk lagi.

http://artikelkesehatanwanita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s