Cara Mengembalikan Kulit Yang Terbakar

Setelah berlama-lama beraktivitas diluar ruangan dan terkena paparan langsung sinar matahari, kulit bisa menjadi kemerahan dan terasa terbakar. Atau lebih parah lagi jika dirasakan perih pada permukaan kulit. Jika Anda mengalami hal ini maka Anda tengah mengalami yang disebut sunburn. Mungkin Anda lupa tidak menggunakan sunblock sebelum beraktifitas, sehingga sinar UV dapat langsung menembus masuk ke jaringan kulit.Lalu bagaimana cara mengembalikan kulit yang terbakar atau sunburn dengan cara yang mudah dan dapat langsung dirasakan hasilnya?

Berikut beberapa cara mengembalikan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari langsung:

  1. Lidah buaya atau aloe vera
    Lidah buaya dapat dengan mudah ditemukan disekitar kita. Kasiatnya dipercaya ampuh memberikan efek mendinginkan pada kulit. Namun lebih baik memilih lidah buaya asli, bukan cream instan yang sudah dicampur dengan bahan-bahan pewangi atau sejenisnya karena justru akan dapat menimbulkan alergi. Ambil lidah buaya yang masih segar, kupas kulitnya dan Anda bisa langsung mengoleskan pada kulit yang terbakar. Efek dingin pada lidah buaya akan langsung dapat Anda rasakan.
  2. Madu
    Madu juga memiliki fungsi sebagai pereda peradangan yang terjadi pada kulit. Namun disarankan memilih madu yang murni, yang tidak mengandung perasa dan juga pewarna. Penggunaannya cukup mudah, cukup oleskan saja madu langsung ke bagian kulit yang terbakar, ulangi beberapa saat kemudian hingga kulit yang meradang kembali seperti sedia kala.
  3. Antioksidan
    Saat Anda menderita sunburn yang terlihat jelas dari kulit Anda, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan. Karena pengaruh sinar UV yang masuk ke kulit Anda juga dapat berbahaya bagi tubuh. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan sangatlah disarankan untuk mengembalikan kondisi sel-sel tubuh Anda ke kondisi yang fit.
  4. Air putih
    Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Apalagi saat kondisi tubuh tidak dalam keadaan fit. Dengan memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu sel-sel dalam tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit baru.
  5. Tomat
    Buah tomat dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu Anda meredakan kulit yang terbakar akibat terpapar sinar matahari langsung. Dengan melumatkan beberapa buah tomat dan membalurkannya ke bagian tubuh yang terbakar akan memberikan efek dingin pada kulit dan meredakan peradangan yang terjadi. Anda juga dapat membuat jus dari buah tomat untuk membantu penyembuhan dari dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah tomat akan membantu pembaharuan sel-sel tubuh yang rusak akibat dampak buruk dari sinar UV.
  6. Mentimun
    Buah mentimun diketahui memiliki kandungan air yang tinggi. Selain dapat membantu menghilangkan sembab di daerah mata, buah mentimun juga berkhasiat memberikan efek dingin pada kulit akibat terbakar matahari. Buah mentimun dapat membantu tubuh mendapatkan kelembaban alaminya kembali. Dengan irisan tipis buah mentimun dan menempelkannya pada bagian tubuh yang terbakar akan membantu kulit menjadi nyaman dan kembali pada kondisi semula.

Cara-cara mengembalikan kulit yang terbakar diatas adalah cara-cara yang alami untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari langsung. Namun sebaiknya lakukan pencegahan dengan menggunakan cream atau lotion anti sinar UV sebelum Anda melakukan aktifitas di luar ruangan pada saat cuaca panas.

http://artikelkesehatanwanita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s